Mengalir sajalah…

Hebatnya kau Musik!

Hebatnya kau Musik!
Belakangan ini banyak hal yang membuka mata saya untuk terus bersyukur. Dan lagi-lagi hal itu dari musik. Musik banyak membuka pikiran saya, membuka hidup saya, membuka kesempatan dan kepercayaan diri saya untuk terus maju dan berkembang. Banyak magis yang hebat dari musik yang buat saya tak henti-hentinya kagum. Begitu sempurna keindahan yang Tuhan berikan lewat musik. Musik punya jiwanya sendiri sampai-sampai bisa membuat yang lelah menjadi semangat, membuat yang sedih makin sedih, membuat pikiran tenang, membuat emosi tersampaikan, membuat yang sakit menjadi sembuh, membuat kita lebih dekat lagi dengan pencipta dalam berbagai acara ritual, membangun karakter masyarakat dan individu, dan masih banyak lagi. Musik bukan lagi hiburan tapi musik adalah penolongku untuk hidup. Bukan dalam hal materi tp dalam hal ketenangan jiwa.
Terkadang masih banyak yang meremehkan bidang yang saya geluti dan cintai saat ini. Katanya musik cuma nyanyi-nyanyi aja, cuma main-main aja, untuk realistis ga bisa hidup jika hanya mengandalkan musik. Begitu sempitnya pemikiran itu, saya menganggap mereka tidak percaya Tuhan jika tidak bisa merasakan makna yang sebenarnya dari musik. Saya tidak terlalu bagus juga dalam hal memainkan alat musik, saya hanya suka menyanyi, dan menyanyi membuat saya senang. Segala jenis musik saya coba dengarkan. Dan banyak pengaruh yang terjadi di dalam diri saya. Setidaknya berkembangnya personality. Tapi harus hati-hati juga dalam memilah lagu mana yang patut didengar dan tidak. Karena saya percaya apa yang saya dengarkan adalah bentukan dari diri saya yang akan datang. Dalam hal apapun, tidak cuma musik.. Tapi apa yang kita tonton, apa yang kita baca, dengan siapa kita berbicara, dengan siapa kita berhubungan, baik keluarga, komunitas, masyarakat, mungkin dalam cangkupan yang lebih besar lagi.
Musik juga tidak punya batasan. Siapapun bisa menikmatinya. Anak-anak, orang dewasa dan manula. Musik juga membantu perkembangan intelektual, emosi, motorik, dan keterampilan sosial untuk anak-anak. Metode Kodaly dari Hongaria sudah terbukti sangat membantu perkembangan anak. Bahkan, disana diwajibkan anak-anak untuk belajar musik. Dimulai dengan bernyanyi. Tubuh kitapun merupakan bangunan dari musik seperti ritme degup jantung, dan banyaknya organ didalam tubuh kita yang saling bekerja sama membangun musik. Saat di janinpun telinga adalah organ yang paling pertama muncul, oleh karena itu banyak Ibu yang sedang hamil mendengarkan lagu-lagu klasik seperti Mozart guna memberikan asupan yang baik untuk bayinya di kandungan. Telinga juga merupakan organ terakhir saat kita menjelang ajal. Oleh karena itu banyak sekali pasien koma masih bisa mendengar kita bicara. Telinga adalah modal kita untuk menikmati musik yang masuk kemudian diproses melalui otak.

Menurut buku yang saya baca, setiap orang punya potensi untuk menjadi musikal. Semua tergantung dengan lingkungan, kebiasaan apa yang kita dengar dan lihat. Oleh karena itu tidak heran banyak anak berbakat yang luar biasa. Mereka dibangun lewat lingkungan dan kuping mereka yang sudah terbiasa dengan bunyi musik.

Musik adalah bahasa yang nonverbal yang mempunyai banyak arti. Saat lahir saja kita sudah mengeluarkan suara musik seperti menangis dengan teriakan yang konsisten dan diulang-ulang atau repetition. Kemudian orangtuapun dengan reflek mengeluarkan bahasa nonverbalnya agar bayi bisa mengerti. Semua orang punya potensi tinggal bagaimana cara menggalinya. Kemampuan aural merupakan unsur terpenting untuk menjadi musisi.
Musik juga membantu kita untuk lebih kreatif, membuat ide-ide baru terutama untuk melengkapi hidup. Karena saat keadaan tertekan atau terjepit, ketika itu kreatif didorong dan ide-ide baru menetas. Semua orang juga punya kreativitas, dan balik lagi bagaimana cara menggalinya.

Musik adalah seni yang melekat dengan keindahan. Oleh karena itu orang seni biasanya lebih sensitive dan sangat peka dengan sosial. Orang seni selalu ingin keindahan dan juga keselarasan.

Seni juga berasal dari budaya tradisi nenek moyang yang dititipkan untuk tetap dijaga dan dikembangkan sesuai zaman.

Budaya kita beragam, oleh karena itu seni kita sebenarnya sangat kaya.

Banyak yang bisa kita kembangkan dari budaya kita sendiri. Sayapun masih belajar. 

Kembali ke Musik. Musik jg membentuk karakter manusia. Musik jg berevolusi mengikuti zaman. Oleh karena itu kita perlu hati-hati juga dalam mengkomposisi musik. Semakin cengeng musik kita, semakin cengeng juga karakter yang kita punya. Apalagi musik tersebut sudah mencangkup orang banyak. Banyak yang dengar dan pasti banyak karakter baru yang terbentuk. Musik buat saya adalah obat yang punya banyak kategori. Obat tidur, obat stress, obat sedih, obat senang, obat sembuh dan masih banyak lagi.
Semakin kita menghargai musik, semakin kita percaya bahwa Tuhan itu ada.

Leave a Reply

